Apa itu folder system volume information

No comment 111 views

Diantara kita pasti ada yang bertanya-tanya Apa itu folder system volume information? Pada setiap drive windows maupun drive usb eksternal, kita akan menemukan folder "System Volume Information". Namun kita hanya bisa melihatnya jika setting windows diatur untuk menampilkan file dan folder yang di-hidden.

Mengapa kita tidak bisa membuka folder system volume information? Pada drive yang diformat dengan sistem file NTFS, izin folder system volume information telah diatur untuk mencegah agar tidak ada yang bisa mengakses folder ini, bahkan pengguna dengan hak akses Administrator sekalipun. Jika tidak percaya, coba klik dua kali folder tersebut dan Anda akan melihat pesan error yang bertuliskan “location is not available” atau “access is denied.”.

Itu hal yang wajar karena windows menggunakan folder ini untuk fitur sistem tingkat tertentu guna mencegah pengguna dan program yang tidak memiliki ijin,  mengganggu file dan fungsi sistem yang penting.

Apa fungsi folder system volume information?

Fungsi folder ini diantaranya untuk menyimpan System Restore windows. Jika Anda merasa perlu untuk mengecilkan ukuran folder system volume information, maka Anda dapat melakukannya lewat control panel.

Caranya : buka control panel - system and security – system - system protection.

Di bawah Protection Settings, Anda dapat memilih apakah System Restore diaktifkan dan mengatur seberapa banyak ruang yang digunakan oleh windows untuk membuat System Restore point.

Hanya dengan menonaktifkan System Protection pada suatu drive, bukan berarti akan benar-benar menghapus folder system volume information, sebab windows menyimpan lebih dari sekedar restore point di folder ini.

Folder system volume information juga berisi informasi yang digunakan oleh database layanan pengindeksan konten yang berguna untuk mempercepat pencarian file Anda, layanan Volume Shadow Copy untuk backup, dan database layanan Distributed Link Tracking  yang digunakan untuk memperbaiki shortcut dan link.

Jika Anda memiliki drive yang diformat dengan sistem file exFAT atau FAT32 (contohnya USB drive eksternal), Anda dapat membuka folder system volume information dan melihat isinya. Sebagai contoh,  di salah satu drive USB kami, terlihat dua file di dalamnya, yakni IndexerVolumeGuid dan WPSettings.dat.

File IndexerVolumeGuid akan memberikan tanda pengenal unik untuk drive ini.

Layanan pengindeksan windows juga memeriksa file pada drive dan akan mengindeksnya. Bila suatu saat nanti kami menghubungkan drive USB ini ke komputer yang sama, maka windows akan memeriksa tanda pengenal dan mengetahui pencarian database mana yang akan diasosiasikan dengan drive USB ini. Kemudian kami dapat menggunakan fitur pencarian windows seperti kotak pencarian di menu Start, Cortana pada Windows 10, atau kotak pencarian di File Explorer atau Windows Explorer, untuk mempercepat pencarian file pada drive ini.

Sedangkan WPSettings.dat adalah file lain yang dibuat oleh layanan Windows, namun kami tidak tahu persis apa kegunaannya karena tidak ada dokumentasi resmi mengenai file ini.

Apakah kita dapat menghapus folder system volume information?

Anda tidak harus menghapus folder system volume information.

Pada drive berformat NTFS, windows biasanya tidak akan membiarkan Anda mengakses folder ini, apalagi menghapusnya. Sedangkan pada drive exFAT atau FAT32, Anda dapat memilih untuk menghapus folder ini, namun windows akan kembali membuat folder system volume information, karena memang dibutuhkan

Windows menyimpan data sistem yang penting dalam folder ini. Jadi sebaiknya Anda tidak mencoba untuk mengubah hak akses dan menghapusnya.

Jika masalahnya folder system volume information menggunakan terlalu banyak ruang, maka Anda cukup mengurangi ruang yang dialokasikan untuk System Restore di Windows.

Itulah penjelasan dari kami mengenai pertanyaan Apa itu folder system volume information? Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags:

Leave a reply "Apa itu folder system volume information"