Apa itu overclock?

No comment 37 views

TipsCara.web.id - Apa itu overclock? Overclock adalah suatu aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komponen CPU (Central Processing Unit). Dengan meningkatkan clock rate, komponen dapat memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan melakukan pekerjaan lebih banyak. Jadi overclock akan memaksimalkan kecepatan dan kinerja PC Anda di luar pengaturan pabrikan.

Overclock biasanya dilakukan oleh seorang gamer. Banyak penggemar game ingin kecepatan CPU-nya melebihi pengaturan pabrikan untuk menciptakan sebuah PC gaming yang hebat. Namun perlu diingat, tidak semua CPU dapat di-overclock. CPU standar dapat dikunci oleh pabrikan, untuk mencegah pengguna melakukan perubahan pada CPU.

Selain itu, peningkatan kecepatan CPU pada komputer juga akan berdampak pada panas yang dihasilkan. Panas tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada komponen komputer jika pengguna tidak mengantisipasinya dengan sistem pendinginan yang tepat, serta perawatan yang ekstra.

Sebelum memutuskan untuk melakukan overclock, pertama-tama Anda harus memastikan sistem telah dilengkapi pendingin yang tepat. CPU standar akan mengelola panas yang dihasilkan dengan heat sink dan kipas biasa. Namun kedua komponen tersebut tidak cukup untuk mengatasi panas yang dihasilkan ketika CPU telah di overclock. Diperlukan heat sink dan kipas tambahan yang lebih canggih untuk mengatasi panas, sekaligus meningkatkan aliran udara.

Biasanya overclocker akan menggunakan water cooling untuk mengatasi panas karena proses pendinginannya lebih optimal dan efisien. Sistem pendingin berbasis air akan menyerap panas, kemudian radiator memompanya keluar.

Jika Anda baru pertama kali melakukan overclocking, tingkatkan clock rate (atau tegangan) secara bertahap. Selain itu, terus periksa stabilitas sistem dan monitor suhu komputer Anda. Hindari peningkatan clock rate dalam jumlah besar secara langsung.

Apakah ada risiko jika CPU di overclock?

Overclock, walaupun dapat meningkatkan kemampuan CPU untuk mencapai hasil yang lebih baik, serta meningkatkan kemampuan komputasi dan mempercepat kinerja komputer, namun perlu diingat bahwa overclock juga dapat merusak komputer jika penanganannya dan perawatannya tidak tepat.

Ketika Anda meningkatkan CPU, proses tersebut akan menghasilkan panas tambahan yang dapat menyebabkan komponen rusak. Untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan kipas yang kemampuannya telah ditingkatkan. Selain itu Anda juga dapat menggunakan water cooling yang akan menyerap panas dan memompanya keluar. Namun perlu diingat, penggunaan water cooling harus benar-benar dipertimbangkan karena jika salah pemasangan atau penggunaan, dapat menyebabkan kerusakan pada komponen komputer. Selalu perhatikan tingkat panas saat melakukan overclock untuk menghindari kerusakan chip dan komponen yang lain.

Risiko lain dari overclocking adalah kehilangan data karena protokol yang salah atau komponen menjadi tidak stabil. Jadi jka Anda memutuskan untuk melakukan overclock, back-up dulu semua data penting untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Overclocking yang tidak tepat dapat mengurangi umur komponen dan pastinya membuat garansi tidak berlaku.

Meskipun beresiko tapi semakin banyak orang yang tertarik untuk melakukan overclock. Jadi semuanya tergantung Anda apakah tetap ingin melakukan overclock atau tidak. Pertimbangkan keuntungan dan kerugiannya dengan cermat.

Itulah artikel mengani Apa itu overclock? Semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a reply "Apa itu overclock?"