Cara memperbaiki error MACHINE_CHECK_EXCEPTION

No comment 38 views

TipsCara.web.id - Artikel ini membahas tentang cara memperbaiki error MACHINE_CHECK_EXCEPTION yang biasanya terjadi pada Windows 10. Error MACHINE_CHECK_EXCEPTION kadang kala muncul ketika Windows mendeteksi adanya masalah pada hardware dan membatalkan proses booting.

Namun error ini juga belum tentu benar-benar disebabkan oleh kerusakan hardware, bisa jadi error ini muncul akibat kesalahan software, sehingga membuat Windows menganggap kesalahan terjadi pada hardware. Untungnya, ada beberapa cara untuk memperbaiki error MACHINE_CHECK_EXCEPTION ini.

Beberapa komponen yang menyebabkan error MACHINE_CHECK_EXCEPTION diantaranya adalah RAM, CPU, hard disk, overheating, dan software. Untungnya, kebanyakan kasus error ini disebabkan oleh software, yakni driver intel.

Berikut ini cara cara memperbaiki error MACHINE_CHECK_EXCEPTION yang terjadi pada Windows 10 :

Ketika Windows 10 pertama kali dirilis, driver lama chipset Intel merupakan penyebab utama error MACHINE_CHECK_EXCEPTION. Hanya dengan memperbarui driver chipset, masalah ini dapat segera teratasi.

1. Kunjungi website Intel dan cari driver chipset terbaru untuk versi Windows 10 (32-bit atau 64-bit).
2. Download dan instal driver tersebut.
3. Restart dan lihat apakah error masih muncul.

Kebanyakan kasus error MACHINE_CHECK_EXCEPTION yang terjadi dapat diatasi dengan menggunakan cara di atas. Namun, jika error masih tetap terjadi, sepertinya Anda harus memeriksa komponen hardware. Cobalah salah satu cara berikut ini :

-- Lakukan update BIOS motherboard ke versi terbaru.

-- Periksa CPU dan suhu motherboard menggunakan salah satu alat monitoring gratis. Tambah atau tingkatkan pendingin untuk mengatasi hardware yang terlalu panas.

-- Copot, uji, atau pindahkan RAM untuk mengetes apakah RAM tersebut rusak atau tidak.

Itulah artikel mengenai cara memperbaiki error MACHINE_CHECK_EXCEPTION yang biasanya terjadi pada Windows 10. Semoga bermanfaat.

 

Leave a reply "Cara memperbaiki error MACHINE_CHECK_EXCEPTION"