Cara mengatasi error 80246010

No comment 14 views

TipsCara.web.id - Setelah membahas tentang cara mengatasi error C1900101-40017 di Windows, kali ini kita akan membahas cara mengatasi error 80246010 saat menginstal Windows 10. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 7 atau Windows 8, Anda pasti mendapatkan pesan untuk mengupgrade sistem operasi ke Windows 10. Namun saat proses instalasi, Anda mungkin mengalami pesan error 80246010. Kode error ini mungkin terlihat seperti pembaruan sistem manual dan secara otomatis menginstal update OS baru.

Pada artikel ini, kita akan menganalisa beberapa penyebab munculnya error tersebut dan berbagi tutorial untuk mengatasinya. Memang pada umumnya error 80246010 terjadi selama instalasi update Windows 10. Pesan error tersebut muncul di layar dan tersimpan di Update Center event log. Dalam log tersebut, Anda dapat melihat semua rincian dan mencari tahu penyebab kegagalan instalasi update.

Menurut situs resmi Microsoft, dapat disimpulkan bahwa penyebab paling umum terjadinya error 80246010 saat menginstal update Windows 10 adalah kurangnya ruang yang tersedia pada sistem partisi hard disk, serta terjadinya kelebihan beban pada server upgrade Windows.

Cara mengatasi error 80246010 saat menginstal Windows 10

Supaya dapat menginstal update Windows 10 tanpa mengalami error, ikuti langkah-langkah berikut ini :

-- Buka C:\Windows\SoftwareDistribution\Download dan periksa isi folder tersebut. Biasanya folder tersebut berisi file yang nantinya digunakan untuk menginstal update. Jika file telah didownload secara otomatis jauh-jauh hari sebelum instalasi dimulai, bisa jadi telah muncul versi yang lebih baru sehingga tidak memungkinkan sistem untuk mendownload file update.

-- Oleh sebab itu, hapus seluruh isi folder tersebut.

-- Restart komputer dan coba jalankan lagi instalasi pembaruan.

-- Update Windows lagi untuk memverifikasi apakah pembaruan telah diinstal dan mendownload versi terbaru dari file Anda, serta melanjutkan instalasi pembaruan.

Jika Anda telah menghapus file yang ada di folder tadi, namun instalasi Windows 10 belum berjalan secara otomatis, Anda dapat melakukan hal berikut :

-- Buka Start menu dan pilih Run.

-- Pada jendela berikutnya, ketik "cmd" dan tekan Enter. Prosedur ini akan membuka command prompt sebagai administrator.

-- Pada command prompt, ketik "wuauclt.exe / updatenow" dan tekan Enter.

-- Sistem akan mengontak server Windows Update dan memulai instalasi otomatis.

Jika metode di atas tidak bekerja, Anda dapat mengunjungi situs resmi Microsoft dan download alat khusus untuk memperbarui Windows. Anda dapat memakai alat tersebut untuk memeriksa apakah komponen PC Anda mampu untuk menjalankan sistem operasi Windows 10 atau tidak. Selain itu, alat ini juga dapat memeriksa kemampuan PC untuk mengupdate dan menjalankan semua prosedur yang diperlukan dalam mode semi-otomatis.

Program ini akan mengajukan beberapa pertanyaan sederhana, download file update, dan menghasilkan pengaturan. Untuk dapat bekerja dengan benar, sebaiknya bersihkan isi folder C:\Windows\SoftwareDistribution\Download

Itulah cara mengatasi error 80246010 saat menginstal Windows 10 yang bisa Anda coba. Semoga berhasil.

Leave a reply "Cara mengatasi error 80246010"