Sedang memuat Cara menghapus malware di komputer ...

Cara menghapus malware di komputer

Kali ini TipsCara.web.id akan berbagi cara menghapus malware di komputer. Biasanya jika komputer terinfeksi malware atau program berbahaya lain, maka komputer akan berjalan lebih lambat dari biasanya atau bisa juga tiba-tiba banyak pop-up yang bermunculan. Padahal sebenarnya Anda juga sudah menginstal program antivirus di komputer. Untuk mengatasinya, diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh guna mengetahui apakah komputer benar-benar terinfeksi malware atau masalahnya berasal dari kerusakan hardware. Berikut ini beberapa cara menghapus malware di komputer yang bisa Anda coba.

Cara pertama : Masuk Safe Mode

Sebelum Anda melakukan sesuatu, Anda harus memutuskan sambungan internet pada komputer dan tidak menggunakannya sampai malware tersebut terhapus. Hal ini bertujuan agar malware tidak semakin menyebar atau terjadi kebocoran data pribadi Anda.

Jika komputer terinfeksi malware, Anda dapat memanfaatkan fitur Safe Mode. Dalam mode ini, hanya program dan layanan tertentu yang ditampilkan. Jika malware diatur untuk berjalan secara otomatis ketika masuk ke Normal Mode, maka dengan menggunakan Safe Mode Anda dapat mencegah agar malware tidak berjalan. Hal ini juga sangat penting karena Anda bisa menghapus file dengan lebih mudah.

Jika komputer Anda berjalan lebih cepat ketika dalam Safe Mode. Bisa jadi komputer Anda memang terinfeksi malware.

Cara kedua : Menghapus temporary files

Apabila komputer sudah masuk ke Safe Mode dan Anda ingin melakukan scanning virus, sebaiknya hapus temporary files terlebih dahulu. Hal itu bertujuan untuk mempercepat scanning virus, menambah ruang pada harddisk, dan bahkan menyingkirkan beberapa malware.

Cara ketiga : Download malware scanners

Langkah ketiga, Anda dapat menggunakan malware scanner untuk menghapus infeksi yang paling standar. Jika Anda sudah memiliki program antivirus yang aktif di komputer, maka Anda wajib menggunakan scanner lain untuk memeriksa malware yang telah menginfeksi komputer Anda, karena kemungkinan besar software antivirus yang digunakan saat ini tidak mampu mendeteksi malware yang telah menyerang komputer Anda. Perlu diingat, tidak ada satupun program antivirus yang menjamin untuk dapat mendeteksi malware secara menyeluruh karena jumlah varian malware bisa mencapai jutaan.

Baca Juga :  Cara mengambil screenshot Snapchat tanpa diketahui

Jika komputer Anda kemungkinan terinfeksi malware, maka Admin menyarankan untuk menggunakan scanner on-demand yang selanjutnya diikuti dengan melakukan scan penuh dengan menggunakan antivirus real-time Anda. Untuk scanner on-demand yang gratis diantaranya BitDefender Free Edition, Kaspersky Virus Removal Tool, Malwarebytes, Microsoft Malicious Software Removal Tool, Avast, dan SuperAntiSpyware.

Cara keempat : Perbaiki web browser

Cara menghapus malware di komputer yang keempat adalah dengan memperbaiki web browser di komputer Anda. Infeksi malware dapat merusak file sistem Windows dan pengaturan lainnya. Salah satu sifat malware yang paling umum adalah mengubah homepage web browser untuk menginfeksi komputer, menampilkan iklan, dan umumnya mengganggu pengguna. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan web browser, sebaiknya periksa homepage dan pengaturan koneksi pada web browser Anda.

Selalu pastikan bahwa komputer Anda memiliki program antivirus real-time yang selalu up-to-date. Jika Anda tidak berkenan menggunakan antivirus berbayar, maka Anda dapat memilih salah satu dari beberapa program antivirus gratis yang dapat memberikan perlindungan untuk komputer Anda, seperti Avast, AVG, Panda, atau Comodo.

Selain menginstal program antivirus, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan layanan OpenDNS gratis untuk membantu memblok situs berbahaya. Apabila Anda sering mengunjungi situs yang berbahaya dan kemungkinan mengandung malware, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menjalankan web browser dengan mode sandbox untuk mencegah malware didownload secara diam-diam dan merusak sistem komputer Anda. Beberapa program antivirus seperti Comodo juga turut menawarkan fitur sandboxing, namun Anda juga dapat memperoleh fitur ini melalui program pihak ketiga gratis seperti Sandboxie.

Ketika Anda berpikir bahwa komputer telah sembuh dari infeksi malware, maka sebaiknya periksa akun online, email, dan situs jejaring sosial Anda. Periksa aktivitas yang mencurigakan dan sebaiknya ubah password Anda karena beberapa varian malware dapat mencuri password yang ada pada komputer.

Baca Juga :  Cara mengatasi hard disk bad sector

Itulah beberapa cara menghapus malware di komputer. Semoga artikel yang cukup singkat  ini dapat membantu Anda untuk mengatasi malware yang menginfeksi komputer Anda.

Incoming search terms:

  • cara menghapus akun beetalk
  • tutup akun beetalk
  • cara menghapus akun beetalk secara permanen
  • cara cheat game android di pc
  • cara hubungkan lg magna ke tv
  • cara hapus knox tanpa root
  • cara hapus data edit pes 2017
  • cara hapus akun smule permanen dengan hp
  • cara edit androidmanifest
  • apakah evercoss winner y ultra bisa untuk game mobile legend
Cara menghapus malware di komputer | admin | 4.5
/* */