Cara menghapus virus cryptolocker

No comment 63 views

Maaf ya, sudah 2 hari Admin tidak update artikel karena sedang sibuk. Tapi malam ini Admin akan kembali berbagi tips dan cara. Topik yang akan kita bahas kali ini adalah cara menghapus virus cryptolocker. Mungkin diantara para pembaca sekalian, masih ada yang bertanya-bertanya apa itu cryptolocker?

Cryptolocker adalah virus trojan yang masih satu keluarga dengan ransomware. Virus ini pertama kali ditemukan pada bulan September 2013, dan telah berhasil dihentikan pada bulan Mei 2014 lewat Operasi Tovar. Namun ternyata akhir-akhir ini muncul laporan bahwa virus cryptolocker kembali menginfeksi komputer pengguna.

Ciri-ciri virus ini sangat terlihat jelas, yakni pengguna tidak dapat mengakses seluruh data di komputernya. Selain itu pada layar desktopnya juga muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini.

Bagaimana cara virus cryptolocker menginfeksi? Virus cryptolocker akan menyebar melalui beberapa cara, misalnya lewat lampiran email. Email palsu tersebut tampilannya dibuat menyerupai email yang asli atau resmi. Dalam email tersebut juga terdapat lampiran seperti file PDF. Namun file tersebut bukanlah file PDF, melainkan file berformat EXE dengan ikon tertentu.

Pengguna biasanya akan menjalankan file-file tersebut tanpa melihat format atau ekstensi .exe karena memang biasanya disembunyikan secara default. Setelah file tersebut dijalankan, virus cryptolocker akan terinstal dengan sendirinya, mengedit registri komputer, dan otomatis berjalan setiap kali windows dimulai. Bahayanya, virus cryptolocker akan langsung mengenkripsi jenis file tertentu di semua hard drive yang terhubung dengan komputer dan meminta uang tebusan kepada pengguna.

Apakah pengguna memang harus membayar untuk mendapatkan filenya kembali? Sebetulnya cryptolocker bisa diatasi dengan mudah. Namun, file yang dienkripsinya tidak mudah untuk dipulihkan. Kebanyakan ahli keamanan menyarankan untuk tidak membayar tebusan kepada pembuat cryptolocker. Namun beberapa ahli menyarankan untuk membayar tebusan jika file yang dienkripsi sangat berharga dan Anda tidak memiliki backup-nya. Walaupun dalam sejumlah kasus, pengguna yang sudah membayar tebusan sekalipun tetap tidak mendapatkan filenya kembali.

Bagaimana cara menghapus virus cryptolocker di Windows 10? Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus virus cryptolocker :

  • Restart Windows 10 dalam safe mode. Klik tombol power dan klik tombol restart, sambil menahan tombol shift pada keyboard, sehingga muncul gambar berikut
  • Klik troubleshoot
  • Klik advanced options
  • Klik startup settings, lalu klik restart. Komputer seharusnya merestart dan pada layar akan muncul startup option. Klik Enable Safe Mode with Networking

Download dan instal software malwarebytes menggunakan installer chameleon. Update malwarebytes-nya, lalu scan komputer.

Semoga sebagian besar data penting Anda dapat diselamatkan. Itulah cara menghapus virus cryptolocker. Semoga bermanfaat.

Leave a reply "Cara menghapus virus cryptolocker"