Cara menghapus virus shortcut

No comment 95 views

Setelah membahas tentang cara menghapus malware di komputer, kini Admin akan berbagi sejumlah cara menghapus virus shortcut. Kenapa Admin memilih virus shortcut sebagai topik bahasan? Sebab virus shortcut adalah salah satu virus yang paling sering dijumpai, setidaknya seseorang akan berhadapan dengan virus ini satu kali dalam seumur hidupnya. Namun virus shortcut biasanya diabaikan dan diremehkan karena dianggap tidak berbahaya.

Virus shortcut, sekali ia menginfeksi suatu perangkat, maka ia akan mencoba untuk menaklukkan setiap file pada perangkat tersebut. Jadi, pengguna harus segera melakukan tindakan setelah mengetahui bahwa perangkatnya terinfeksi virus shortcut.

Apa itu virus shortcut? seperti namanya, virus shortcut adalah virus (malware) yang menyembunyikan file asli pengguna dan menggantinya dengan shortcut. File asli pengguna memang masih ada di dalam drive, namun tidak diketahui letaknya.

cara-menghapus-virus-shortcut

Awalnya virus shortcut tidak membahayakan file asli, namun selanjutnya virus ini akan merusak atau bahkan menghapus semua file asli tersebut (tergantung jenis virus shortcutnya). Jadi sebaiknya begitu komputer terinfeksi virus shortcut, Anda harus bertindak cepat untuk segera menghapus virus tersebut.

Virus shortcut menurut efeknya dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yakni virus drive shortcut, virus folder shortcut, dan virus file shortcut.

Seperti namanya, virus drive shortcut menciptakan shortcut di seluruh drive. Hal ini tidak terbatas hanya pada flash drives atau USB drives, tetapi juga dapat mempengaruhi harddsik eksternal dan harddisk internal.

Jenis virus ini dikelompokkan sebagai virus trojan, yang mana setelah dapat masuk ke suatu drive, ia akan mulai mengambil alih file, mengelompokkan file tersebut, dan akhirnya membuat shortcut dari flash drive pengguna.

Setelah virus melakukan tugasnya dan Anda mengklik dua kali shortcut untuk membuka isi drive itu, maka disaat itulah malware akan berjalan dan bisa melakukan apa saja seperti memata-matai komputer dan browser, mencuri password, dan lain sebagainya.

Sedangkan virus folder shorcut akan menciptakan shortcut folder dan menahan file yang ada di dalamnya. Meskipun kurang efektif, tapi virus ini masih dapat menyebarkan dirinya ke folder lain. Virus ini juga akan memata-matai kegiatan pengguna atau mengupload data dari folder tertentu.

Diantara ketiga jenis virus shortcut, virus file shortcut yang paling aktif dan paling berbahaya karena menyerang file (.exe). Setelah dieksekusi, virus ini juga bisa melakukan apa saja dalam ruang lingkup software yang diinfeksi. Virus ini juga sangat cepat menggandakan dirinya setelah dijalankan.

Berikut ini sejumlah cara menghapus virus shortcut yang bisa Anda coba :

  1. UsbFix

UsbFix adalah alat pembasmi malware gratis yang dapat membantu Anda untuk mendeteksi dan menghapus virus shortcut. UsbFix mampu memindai perangkat yang terinfeksi seperti harddisk eksternal, smartphone, kamera digital, dll.

Cara menggunakan UsbFix

  • Download UsbFix (melalui https://www.usb-antivirus.com/)
  • Sambungkan perangkat yang terinfeksi virus shortcut.
  • Jalankan software UsbFix.
  • Klik delete. Setelah mengklik delete maka proses untuk menghapus virus shortcut akan dimulai. Setelah selesai, sebaiknya restart komputer Anda.
  1. Shortcut Virus Remover

Shortcut Virus Remover adalah tool lain yang terbukti ampuh menghapus virus shortcut. Silahkan download lewat http://download.cnet.com/Shortcut-Virus-Remover/3000-2239_4-76253723.html

  1. Tweaking configuration

Cara melakukan tweaking configuration

  • Buka Run Box dan ketik %temp%. Perintah ini akan membuka folder Temporary File.
  • Cari VBS di dalam folder tersebut. Jika ketemu, langsung hapus.
  • Buka lagi Run Box dan ketik msconfig. Pilih tab startup, disable vbs dari sana. (Pada Windows 8, buka Task Manager, pilih tab startup, dan nonaktifkan nkvasyoxww.vbs).
  1. Hapus virus shortcut dari registry

Cara menghapus virus shortcut daru registry

  • Buka Task Manager dengan menekan Ctrl+Shift+Esc.
  • Klik tab Processes, cari exe. Jika Anda menemukannya, pilih dan klik End Process.
  • Buka Run Box (Win+tombol R), ketik regedit. Registry Editor akan terbuka.
  • Arahkan ke HKEY_CURRENT_USER / Software / Microsoft / Windows / CurrentVersion / Run.
  • Cari registry key “odwcamszas”, klik kanan dan hapus.

Itulah beberapa cara menghapus virus shortcut yang bisa Anda coba. Semoga virus shortcut bisa segera hilang dari perangkat Anda.

Leave a reply "Cara menghapus virus shortcut"