Sedang memuat Ciri-ciri komputer terinfeksi malware ...

Ciri-ciri komputer terinfeksi malware

Hari ini Admin akan membahas tentang ciri-ciri komputer terinfeksi malware. Malware memang sangat berbahaya karena dapat mengakses dan memanfaatkan celah pada sistem PC kita. Untuk itu, kita harus mengenali ciri-cirinya supaya dapat secepat mungkin mengatasinya.

  1. Komputer menjadi lemot

Malware memiliki kecenderungan untuk memperlambat sistem operasi dan kecepatan internet. Walaupun komputer bisa menjadi lemot karena RAM yang kapasitasnya kecil, sistem terfragmentasi, kurangnya ruang pada hard disk, atau masalah hardware yang mempengaruhi drive. Namun jika komputer lemot bukan disebabkan hal-hal diatas, maka bisa jadi malware lah yang menjadi penyebabnya.

  1. Pop-up

Ketika komputer terinfeksi malware, gejala yang paling sering terjadi adalah munculnya pop-up saat berinternet. Pop-up tidak hanya mengganggu tetapi juga sangat sulit untuk dihapus karena biasanya masuk bersamaan dengan infeksi malware dan terinstal ke dalam sistem. Walaupun banyak yang meremehkan, tapi pop-up juga cukup berbahaya loh. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mencegah malware yang dapat menyebabkan pop-up dengan cara berhati-hati saat men-download aplikasi gratis dan jangan membuka iklan yang biasanya menawarkan hadiah atau kupon diskon.

  1. Sistem mengalami crash

Jika sistem PC sering mengalami crash atau BSOD (Blue Screen of Death), maka bisa jadi itu merupakan tanda bahwa sistem komputer telah terinfeksi malware berbahaya. Selain itu malware juga dapat menyebabkan registry error atau DLL error. Jika hal tersebut terjadi, kita dapat mencoba untuk menscan PC dengan menggunakan antivirus yang paling update

  1. Aktivitas hard disk yang mencurigakan

Ciri-ciri komputer terinfeksi malware yang keempat adalah adanya aktivitas hard disk yang mencurigakan. Jika kita memiliki hard disk yang bekerja berlebihan walaupun tidak sedang digunakan untuk pekerjaan yang berat, maka bisa jadi ini adalah tanda sistem komputer telah terinfeksi malware (walaupun tidak menutup kemungkingan bahwa bisa juga hard disk tersebut bermasalah karena mengalami kerusakan secara fisik atau sudah tua).

  1. Hard disk tiba-tiba penuh
Baca Juga :  Spesifikasi Smartfren Andromax B dan Andromax L

Ada banyak jenis software berbahaya yang menggunakan berbagai trik untuk memenuhi ruang yang tersedia pada hard disk. Jadi jika ruang penyimpanan hard disk kita tiba-tiba penuh, serta beberapa file yang berubah nama atau menghilang, maka ini juga merupakan tanda bahwa PC telah terinfeksi malware.

  1. Aktivitas jaringan tinggi dan tidak wajar

Jika ada situasi di mana pengguna tidak dapat terhubung ke internet dan tidak ada program yang dapat terhubung ke server untuk men-download atau meng-upload data, tetapi aktivitas jaringan begitu tinggi, bisa jadi hal itu merupakan tanda-tanda infeksi malware.

  1. Halaman homepage pada browser berubah dan ada toolbar yang terinstal

Apakah Anda membuka browser namun default homepage-nya berubah menuju situs tertentu? atau ada toolbar baru yang terpasang walaupun Anda tidak pernah menginstalnya? Bisa jadi itu adalah tanda bahwa komputer Anda telah terinfeksi malware.

Malware tersebut menginfeksi komputer ketika Anda mengunjungi suatu situs web dan tidak sengaja meng-klik link atau jendela pop-up. Setelah diklik, maka malware akan otomatis terinstal pada PC. Untuk menyingkirkannya, Anda perlu melakukan scan dengan menggunakan program anti-spyware.

  1. Program berjalan secara otomatis

Jika program komputer terbuka atau menutup secara otomatis, Windows melakukan shutting down secara tiba-tiba, serta ada jendela yang muncul saat booting, maka bisa jadi hal tersebut merupakan tanda infeksi malware pada sistem. Ini adalah kasus yang sangat berbahaya dan dapat membuat Anda kehilangan akses pada sistem operasi. Jika hal tersebut terjadi, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk menginstal ulang sistem operasi.

  1. Solusi keamanan dinonaktifkan

Ciri ke sembilan ini merupakan tahap yang sangat kritis, beberapa program malware dirancang khusus untuk menonaktifkan program keamanan sehingga komputer rentan akan serangan dari luar.

  1. Teman-teman Anda menerima pesan atau e-mail aneh dari Anda
Baca Juga :  Software uninstaller terbaik

Cara yang paling umum untuk menyebarkan virus dan menginfeksi komputer lain adalah melalui email. Malware dapat berpura-pura mengirim email penting kepada teman Anda. Jadi jika ada laporan dari teman yang mengatakan bahwa dia menerima email dari Anda tapi Anda merasa tidak merasa mengirim email tersebut, bisa jadi itu merupakan tanda malware telah menginfeksi komputer Anda.

Nah itulah ciri-ciri komputer terinfeksi malware. Semoga artikel ini bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara menghapus objek di picsart
  • cara menghapus umpan di bbm versi baru
  • cara memperbaiki nand flash was not detected
  • cara menghapus akun top eleven
  • cara menghilangkan kartu kuning di top eleven
  • hapus akun yogrt
  • cara agar emoji samsung terbaca di xiaomi
  • cara menghapus profil pemain clash royale
  • cara hack coc tanpa crash
  • cara menutup akun yogrt
Ciri-ciri komputer terinfeksi malware | admin | 4.5
/* */