Pengertian motherboard

No comment 38 views

TipsCara.web.id - Kali ini kita akan membahas tentang pengertian motherboard. Mungkin diantara para pembaca sekalian masih ada yang bertanya-tanya "Apa itu Motherboard?" Motherboard memiliki fungsi untuk menghubungkan semua komponen komputer, seperti CPU/prosesor, RAM, hard disk, optik drive, kartu VGA, dll. Motherboard adalah salah satu bagian dari perangkat keras komputer yang dapat dianggap sebagai "tulang punggung" PC.

Motherboard biasanya juga disebut sebagai mainboard, mobo (singkatan), MB (singkatan), atau sistem board. Motherboard desktop, casing, dan power supplies, semuanya hadir dalam berbagai ukuran. Namun ketiganya harus kompatibel agar dapat bekerja dengan baik.

Motherboard memiliki banyak variasi, tergantung dari jenis komponen yang didukungnya. Sebagai contoh, setiap motherboard mendukung satu jenis CPU dan RAM. Sedangkan untuk kartu VGA, hard disk, dan komponen lain bisa jadi tidak kompatibel. Oleh sebab itu, produsen motherboard harus memberikan pedoman yang jelas tentang kompatibilitas komponen.

Untuk laptop dan tablet, motherboard sering menggabungkan fungsi dari kartu VGA dan kartu suara. Hal itu dilakukan agar menjaga ukuran laptop dan tablet tetap kecil/tipis.

Produsen motherboard yang populer diantaranya adalah ASUS, AOpen, Intel, ABIT, MSI, Gigabyte, dan Biostar.

Deskripsi Motherboard

Dalam sebuah desktop, motherboard terpasang di dalam casing, berlawanan dengan sisi yang paling mudah dibuka. Motherboard akan dipasang menggunakan sekrup kecil melalui lubang yang sebelumnya telah dibor.

Bagian depan motherboard berisi port yang menghubungkan semua komponen internal, socket/single slot tempat CPU, beberapa slot RAM. Sedangkan port lain memungkinkan hard disk dan optical drive untuk terhubung melalui kabel data.

Kabel kecil dari depan casing komputer juga terhubung ke motherboard untuk membuat tombol power, reset, dan lampu LED berfungsi. Daya dari power supply dikirimkan ke motherboard dengan menggunakan port yang dirancang khusus.

Di bagian depan motherboard juga ada sejumlah slot kartu. Slot ini digunakan untuk kartu VGA, kartu suara, dan kartu ekspansi lainnya yang terhubung ke motherboard.

Di sisi kiri dari motherboard (sisi yang menghadap bagian belakang pada desktop) terdapat sejumlah port. Port ini memungkinkan sebagian besar peripheral eksternal komputer untuk terhubung, diantaranya monitor, keyboard, mouse, speaker, kabel jaringan dan lain sebagainya.

Motherboard modern biasanya juga sudah memiliki port USB, HDMI, dan FireWire, untuk memungkinkan perangkat yang kompatibel agar dapat terhubung ke komputer ketika diperlukan (seperti kamera digital, printer, dll).

Motherboard desktop dan casing memang dirancang sedemikian rupa agar ketika kartu perifer digunakan, sisi kartu pas di luar bagian belakang, membuat port yang tersedia bisa digunakan.

Itulah artikel singkat mengenai pengertian motherboard. Semoga bermanfaat,

Tags:

Leave a reply "Pengertian motherboard"