Perbandingan SSD dan SSHD

No comment 51 views

TipsCara.web.id - Kali ini kita akan membahas tentang perbandingan SSD dan SSHD. Jika Anda ingin meng-upgrade hard drive atau membeli PC/laptop baru, sebaiknya pilih jenis hard drive secara bijak karena baik SSD dan SSHD masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Apa itu SSHD?

Mungkin ada diantara Anda yang belum mengerti tentang singkatan SSD dan SSHD. SSD singkatan dari solid-state drive. Pada dasarnya SSD sama dengan USB flash drive, tetapi kapasitasnya lebih besar dan kecepatannya lebih tinggi.

Tidak seperti hard disk konvensional, SSD tidak memiliki bagian atau komponen yang bergerak. Penyimpanan akan diakomodir oleh chip memori, bukan piringan magnetik.

Sedangkan SSHD singkatan dari solid-state hybrid drive. SSHD merupakan hard disk tradisional dengan penyimpanan solid-state yang berukuran kecil (biasanya berukuran 8 GB atau lebih). SSHD muncul sebagai satu perangkat pada Windows atau sistem operasi lain, dan memiliki chip pengontrol yang memutuskan apakah data disimpan pada SSD atau HDD.

Mana yang lebih baik, SSD atau SSHD?

Untuk Laptop

Jika Anda memiliki sebuah laptop dengan satu ruang untuk drive, pilihan tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda ingin kinerja tertinggi, sebaiknya pilih SSD. Namun jika Anda ingin penyimpanan dengan kapasitas besar, sebaiknya pilih SSHD.

Kapasitas penyimpanan SSD memang lebih terbatas dan harganya lebih mahal. Sebagai perbandingan, SSD berkapasitas 1TB dibanderol dengan harga sekitar £ 300. HDD berkapasitas 1TB dibanderol dengan harga sekitar £ 50, dan SSHD berkapasitas 1TB dibanderol dengan harga sekitar £ 75. Jadi bisa dibilang bahwa SSHD cocok bagi pengguna yang menginginkan keseimbangan antara kapasitas penyimpanan dan performa hard drive.

Beberapa produk SSHD memiliki kemampuan untuk mempelajari aplikasi yang paling sering dipakai oleh pengguna dan akan mencoba untuk menyimpan aplikasi tersebut ke dalam penyimpanan solid-state supaya waktu loading jadi lebih cepat dan kinerjanya lebih baik secara keseluruhan. Penggunaan SSHD juga akan membuat booting laptop Anda menjadi lebih cepat dibandingkan menggunakan HDD.

Namun perlu diingat, selalu perhatikan ukuran hard drive sebelum membelinya. Apakah drive tersebut muat di laptop Anda atau tidak. Misalnya saja beberapa laptop ultra-portable tidak dapat menggunakan drive berukuran 2,5 inci, laptop tersebut menggunakan drive berukuran 1,8 inci dan bahkan ada yang menggunakan drive berukuran lebih kecil.

Untuk PC

Kebanyakan casing PC memiliki ruang untuk beberapa drive. Malahan banyak PC baru dijual dengan perangkat SSD dan HDD sekaligus. Sistem operasi Windows cenderung diinstal pada SSD berkapasitas kecil (minimal 120 GB), bersama dengan beberapa program penting. Sedangkan HDD digunakan untuk menyimpan file musik atau koleksi foto yang tidak menuntut penyimpanan cepat.

Jadi terserah apakah Anda memilih SSD atau SSHD. Semua tergantung pada kebutuhan masing-masing pengguna.

Itulah perbandingan SSD dan SSHD. Semoga bermanfaat.

Leave a reply "Perbandingan SSD dan SSHD"