Perbedaan SSD dan HDD

No comment 44 views

TipsCara.web.id - Kali ini kita akan membahas tentang perbedaan SSD dan HDD. Solid-state drives (SSD) dan hard-disk drives (HDD) merupakan dua tipe hard drive komputer yang biasanya digunakan sebagai penyimpanan data digital. Hardware ini akan menyimpan data, bahkan ketika tidak ada sumber daya listrik yang mendukungnya.

Baik SSD dan HDD, keduanya sama-sama tersedia dalam bentuk internal dan eksternal. Selain itu keduanya juga bisa digunakan sebagai media penyimpanan utama dan pendukung. Sebagai catatan, tidak ada satupun media penyimpanan digital yang benar-benar permanen, anti rusak, dan aman. Anda harus selalu memback-up data penting, setidaknya di dua atau tiga tempat penyimpanan, seperti penyimpanan lokal, penyimpanan teknologi awan/cloud, dan penyimpanan eksternal.

Apa Itu HDD? HDD adalah perangkat penyimpanan digital yang memiliki fitur disk metal magnetik. Ketika disk berputar, pembaca digital akan memindai disk untuk mendapatkan informasi di dalamnya. Apakah Anda pernah menyadari saat CPU atau laptop menyala menimbulkan bunyi yang cukup kencang? Bunyi tersebut merupakan bunyi perputaran hard drive. Hingga saat ini, kebanyakan komputer dan laptop masih menggunakan HDD sebagai media penyimpanan karena harganya yang lebih terjangkau dan kemampuannya masih bisa diandalkan.

Apa itu SSD? SSD merupakan perangkat penyimpanan data yang memiliki fitur multiple interconnected flash memory stick. Berbeda dengan HDD, SSD tidak mempunyai bagian yang berputar. Kecepatan pembacaan dan penulisannya lebih cepat, total kapasitas penyimpanan lebih besar, serta kemampuannya meningkat dibandingkan HDD standar. Karena SSD tidak mempunyai bagian yang berputar, maka SSD biasanya berbentuk solid dan lebih kecil jika dibandingkan HDD. Oleh sebab itu, SSD kerap digunakan pada perangkat laptop atau komputer generasi terbaru.

Apa Kelebihan HDD? HDD sudah di gunakan sejak lama dan hingga saat ini masih terbukti keefektifannya. Selain itu, HDD juga dapat diandalkan untuk pemakaian sehari-hari dan harganya pun relatif lebih terjangkau. Namun kelebihan HDD tidak hanya di kisaran harga. HDD juga menawarkan lebih banyak kapasitas penyimpanan.

Saat ini, kapasitas hard disk yang paling sering dijumpai adalah 500 GB dan 1 TB. Bahkan cukup mudah untuk menemukan HDD yang memiliki kapasitas penyimpanan beberapa terabytes. Sedangkan SSD yang memiliki kapasitas penyimpanan beberapa terabytes cukup langka dan kalaupun ada harganya cukup mahal. Jadi bagi Anda yang sedang mencari media penyimpanan untuk file lagu, foto digital, ataupun film. HDD sudah bisa memenuhi kebetuhan Anda.

Apa Kelebihan SSD? Kelebihan paling menonjol dari SSD adalah kesederhanannya. SSD Tidak memiliki komponen seperti HDD sehingga kecil kemungkinannya bisa mengalami kerusakan. Kualitas SSD juga lebih baik dibandingkan HDD.

Kelebihan lain dari SSD adalah performanya yang bagus, kecepatan membaca dan menulisnya juga sangat cepat. Selain itu, dengan menggunakan SSD, tidak ada resiko data yang terfragmentasi.

Jika HDD membutuhkan waktu satu hingga tiga menit untuk melakukan proses booting secara sempurna, beda halnya dengan SSD yang dapat melakukan proses tersebut hanya dalam hitungan detik.

Itulah beberapa perbedaan SSD dan HDD. Semoga bermanfaat.

Leave a reply "Perbedaan SSD dan HDD"